Catatan Penutup Tahun 2020 Menuju 2021

Tahun 2020 akan berakhir hari ini, tepatnya sebentar malam pada pukul 23.59.59. Memasuki tahun baru, kita berharap ada sesuatu yang berbeda, tentu kepada hal yang lebih baik. Tetapi tidak ada jaminan untuk itu.

Kita ingat, di akhir 2019 kemarin ada banyak harapan. Namun aktualnya, tidak sebaik harapan. Dunia justru dikacaukan dengan pandemi. Serangan virus Corona19 membuat berbagai rencana harus dirubah.

Hal yang paling menjadi fokus perhatian dalam masa pandemi ini adalah mengenai keselamatan dan kesehatan. Bagaimana yang semula kesehatan adalah hal disepelekan, kini menjadi sebuah prioritas. Orang berlomba-lomba memperhatikan hygiene, baik personal maupun lingkungan.

Di rumah makan, yang sebelumnya jarang didapati tempat mencuci tangan, kini nyaris semuanya dilengkapi dengan wastafel air mengalir dan sabun. Ketika berjalan di mall, semua pengunjung menggunakan masker, bahkan ada sebagian yang memakai sarung tangan.

Sebelum masa padnemi, saya ingat betapa tidak acuhnya orang-orang terhadap kesehatan. Dan saya yakin, siswa sekolah dasar lebih memahmi cara mencuci tangan yang baik dan benar di kala itu. Sebaliknya, hari ini orang-orang fokus menjaga kesehatan, melakukan olahraga, menjaga kebersihan, mengatur pola makan. Promosi PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) dijalankan di semua lini, baik perorangan hingga ke instansi-instasi.

Sebagai orang HSE (health, safety and environment) plus dengan latar belakang pendidikan kesehatan masyarakat, melihat fenomena di atas menimbulkan sebuah kebahagiaan tersendiri. Memang terkadang, kita harus terpaksa untuk melakukan sesuatu yang baik. Harus ada virus corona19 baru kita mau peduli dengan kesehatan.

Kepedulian terhadap penerapan K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) juga semakin meningkat di perusahaan semenjak pandemi. Para pengurus dan pengusaha sangat fokus terhadap pencegahan penyebaran virus di tempat kerjanya. Bahkan banyak perusahaan yang tidak segan-segan mengeluarkan dana besar untuk melakukan test dan karantina bagi karyawannya untuk memastikan mereka aman dari tertular virus.

Era pandemi 2020 telah berlalu. Kita memasuki era 2021 dengan tetap menghadapi pandemi. Dan mungkin akan ada tantangan baru yang lainnya. Sebagai seorang HSE, bersiap diri terhadap segala yang mungkin dihadapi pada masa mendatang adalah hal yang mutlak dilakukan. Tidak menutup kemungkinan, selain pandemi, akan ada tantangan dan kesempatan baru bagi kita di tahun 2021.

Masa mendatang akan muncul teknologi baru, peralihan sumber-sumber energi yang selama ini dari fosil berubah menjadi sumber energi terbarukan (sustainable). Jika sebelumnya kita banyak bekerja di pertambangan minerba, eksplorasi minyak dan gas, ke depan kita mungkin akan menemukan banyak pekerjaan dalam bidang nuklir, panas bumi, biomass, dan lain sebagainya.

Sebagai profesional HSE kita perlu mempersiapkan diri untuk mengambil peran. Mempersiapkan diri dengan berbagai bekal pengetahuan dan keterampilan yang mendukung. Sudah saatnya kita memiliki pedoman dan standar keselamatan, kesehatan kerja dan pengelolaan lingkungan yang kita jalankan dan diakui oleh dunia. Hal itu menjadi tantangan dan kesempatan kita semua.

Selamat memasuki tahun baru 2021, semoga hari-hari kedepan lebih baik. Aamiin….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *