Kenapa Mau jadi HSE Officer?

Kenapa memilih jadi HSE Officer?, karena HSE officer itu keren…

HSE Officer hanya posisi pelengkap

Banyak orang yang berpendapat bahwa bekerja sebagai HSE (Health, Safety and Environment) Officer di sebuah perusahaan itu merupakan kebanggaan dan posisi yang nyaman. Seorang HSE Officer tidak perlu bekerja berat, berkeringat dan tidak usah pusing memikirkan pencapaian hasil produksi. Intinya adalah, HSE Officer selalu tampil gagah dengan out fit yang melekat pada dirinya.

Secara sepintas memang seperti itu kelihatannya. Tapi belum tentu sama dengan apa yang dirasakan oleh si HSE Officer itu sendiri. Mungkin rekan-rekan HSE Officer ada yang berpendapat berbeda, tetapi secara pribadi saya merasakan hal itu. Bahwa HSE Officer hanya berusaha terlihat santuy, namun sebaliknya penuh dengan beban pikiran karena merasa bertanggung jawab terhadap banyak hal di perusahaan.

Saya ingin coba memaparkan situasi yang dialami oleh HSE Officer di perusahaan manufaktur atau industri-industri padat karya. Seperti kita ketahui, di negeri ini banyak terdapat indsutri perkayuan, garment, tekstil, perkapalan, pengerjaan logam, konstruksi bangunan dan lain sebagainya. Di mana perusahaan seperti ini pada umumnya HSE Officer hanya dijadikan sebagai pemain pelengkap.

Jika anda adalah HSE Officer dan tidak pernah mengalami hal itu, mungkin karena anda berada pada sektor yang memang mengutamakan K3 dalam kegiatan operasionalnya. Sektor migas umpanya, memang akan sangat memperhatikan faktor keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Karena adanya persyaratan market yang meminta untuk itu. Ikuti standard K3 yang ditetapkan oleh pasar, atau produk anda tidak akan dibeli oleh mereka. Mau tidak mau, suka tidak suka, perusahaan akan menjalankan itu.

Lain halnya dengan industri padat karya, K3 dijalankan hanya sebagai bentuk kepatuhan terhadap regulasi pemerintah yang juga lemah dalam pengawasan. Jadilah kalimat UTAMAKAN KESELAMATAN hanya sebagai slogan yang kebanyakan tidak dijalankan dan HSE Officer terkadang harus menjadi tameng jika timbul insiden fatality.

Alasan kenapa tetap memilih jadi HSE Officer

Sampai di sini masih memandang bahwa HSE Officer itu adalah pekerjaan yang keren?.

“Saya sih Yes. Absolutely.”

Kenapa masih bertahan sebgai HSE Officer di industri yang memandang K3 tidak ada nilai jualnya?. Karena kita diberi kesempatan di sini, dan kita tahu, di industri  ini tempat bekerja orang banyak.  Dan mereka adalah para pejuang pencari nafkah untuk anak istrinya, tulang punggung keluarga.

Siapa yang akan peduli dengan keselamatan mereka, orang-orang yang jangankan meneteskan keringat, bahkan terkadang darah pun mereka relakan.

Itu alasan kenapa tetap memilih jadi HSE Officer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *