Kesmas

Menjaga kebersihan makanan diperlukan untuk mencegah penyakit

Membahas kesehatan masyarakat (kesmas), artinya kita berbicara tentang upaya pencegahan timbulnya sebuah penyakit. Ada slogan yang selalu digaungkan, yakni “lebih baik mencegah daripada mengobati”.

Dalam ilmu kesehatan masyarakat dikenal istilah upaya preventif atau pencegahan. Hal ini bertumpu pada pengendalian perilaku hidup seseorang atau kelompok masyarakat. Yakni berupa perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS.

Para ilmuan di bidang kesehatan masyarakat berpendapat bahwa suatu penyakit timbul disebabkan oleh perilaku hidup manusia itu sendiri. Baik ia berupa penyakit menular atau penyakit tidak menular.

Penyakit tidak menular

Penyakit tidak menular atau biasa disebut penyakit degeneratif, bersifat kronis (proses berlangsung lama), muncul secara perlahan dan ditimbulkan dari pola hidup. Contoh penyakit tidak menular di antaranya: kanker, gagal jantung, hipertensi, diabetes dan lain sebagainya.

Penyakit tidak menular biasa juga disebut penyakit keturunan karena seringkali dipengaruhi dari gen atau faktor keturunan. Jika salah satu orang tua mempunyai riwayat penyakit tersebut, maka berpotensi akan menurun pada anak.

Penyakit menular

Biasa disebut penyakit akut karena sifatnya yang berlangsung cepat, hanya dalam hitungan jam akan menyebabkan kondisi penderita jadi memburuk hingga pada kematian jika tidak dilakukan penanganan secara tepat.

Termasuk dalam kategori penyakit menular antara lain: demam berdarah, TBC, Hepatitis, ISPA, diare dan banyak lagi yang lainnya. Termasuk yang sedang menjadi trending topik secara global, yakni penyakit yang disebabkan oleh virus corona.

Pencegahan

Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa timbulnya penyakit disebabkan oleh perilaku atau pola hidup manusia. Maka cara pencegahannya pun harus dengan melalui perilaku.

Menjaga kebersihan diri (personal hygiene), untuk senantiasa menghindari kontak dengan sumber-sumber penyakit. Mencuci tangan, mandi, menjaga kebersihan pakaian, menjaga kebersihan lingkungan tempat kerja dan tempat tinggal, menjaga kebersihan makanan merupakan langkah-langkah penting untuk mencegah terjangkit penyakit menular.

Melakukan aktivitas fisik atau berolah raga secara teratur dan terukur, menjaga pola makan atau diet, istirahat cukup, mengelola stress merupakan upaya untuk mengontrol resiko timbulnya penyakit kronis atau penyakit tidak menular.