Tema Bulan K3 Nasional 2021 dan Ide Pelaksanaannya

Upacara Bulan K3 Nasional 2020 di salah satu perusahaan galangan kapal di Samarinda

Tema Bulan K3 Nasional 2021

Melalui Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Nomor 365 Tahun 2020 tentang Juklak pelaksanaan Bulan K3 Nasional Tahun 2021, Penguatan Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berbudaya K3 pada Semua Sektor Usaha ditetapkan sebagai tema Bulan K3 Nasional tahun ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tujuan dari pelaksanaan Bulan K3 Nasional ini adalah dalam rangka melakukan sosialisasi, promosi guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan arti penting K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) bagi kelangsungan dunia usaha dalam menjamin ketahanan ekonomi nasional.

Dalam uraian pendahuluan penjelasan Juklak Bulan K3 Nasional ini diterangkan bahwa dampak pandemi Covid19 yang terjadi sepanjang 2020 membawa dampak besar terhadap eksistensi dunia usaha. Biaya yang harus dikeluarkan untuk penanggulangan penyebaran virus Corona cukup besar. Hal ini yang membuat berbagai macam bidang usaha di Indonesia, bahkan level global mengalami turbulensi yang dahsyat.

Namun di balik dampak buruk yang ditimbulkan, pandemi Covid19 juga memberikan angin segar bagi upaya penerapan K3. Hal ini ditandai dengan meningkatnya perhatian dari pengusaha maupun pengurus dalam perusahaan untuk mencegah penularan virus di lingkungan kerjanya. Mulai dari kebijakan pembatasan interaksi (physical distancing), penyediaan sarana tes kesehatan dan keperluan hygiene personal maupun lingkungan. Tempat mencuci tangan dan sabun, absensi yang cukup menggunakan sensor, pembagian masker dan lain sebagainya.

Dari kejadian pandemi ini kita bisa melihat bahwa semua pihak akan bersinergi melakukan upaya terhadap sesuatu yang dipandang sebagai ancaman. Virus Corona19 hanya salah satu dari sekian banyak ancaman dalam dunia usaha maupun kehidupan sehari-hari. Masih banyak resiko lainnya yang perlu diantisipasi dan menjadi tugas kita sebagai seorang profesional HSE untuk memahamkan pihak-pihak terkait.

Ide Pelaksanaan Bulan K3 Nasional 2021

Dengan momen Bulan K3 Nasional ini kita dapat melakukan upaya sosialisasi dan promotif di lingkup tempat kerja kita masing-masing. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kita dapat melakukan kegiatan yang dapat menarik minat karyawan. Tentu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan dalam rangka bulan K3 Nasional yang jatuh pada tanggal 12 Januari s.d 12 Februari 2021;

1. Seminar K3

Seminar tentang K3

Seminar atau webinar. Di era sekarang ini menjadi semakin mudah dilakukan, tidak ada batasan ruang, setiap kita bisa melakukan atau berpartisipasi dalam kegiatan seminar yang dilakukan secara daring. Tema yang dibahas juga sebaiknya tentang fungsi K3 dalam memperkuat ketahanan ekonomi bangsa.

Sebagai seorang profesional HSE, harus mampu menjelaskan keterkaitan antara performa K3 yang baik terhadap kepastian usaha dan peningkatan ekonomi. Tanpa didukung kemampuan untuk menjelaskan peran K3 dalam meningkatkan keuntungan perusahaan, maka seorang profesional HSE akan sulit mengajukan program-program K3 yang dapat diterima oleh pengurus perusahaan.

2. Kuis K3

Menyelipkan informasi tentang K3 dalam permainan kuis memberikan kesan yang baik. Karyawan yang dilibatkan secara tidak langsung akan mendapatkan pengatahuan baru tentang K3 tanpa menjadi sebuah beban. Terlebih lagi jika di antara soal-soal yang diberikan terselip pertanyaan yang berisi candaan atau hal kocak.

Pada umumnya, karyawan akan merasa happy tanpa perlu diberikan hadiah yang wah atau mahal. Namun cukup dengan penghargaan sederhana, terlebih jika itu melibatkan pucuk pimpinan di dalam perusahaan. Kreatifitas tim dalam menyediakan game kuis K3 akan menarik perhatian dan meningkatkan minat partisipasi karyawan.

Agar lebih menambah keseruan, metode game yang digunakan bisa memakai aplikasi dari internet. Aplikasi Kahoot misalnya. Ide-ide seperti ini bisa dipakai.

3. Sayembara K3

Melibatkan karyawan untuk melakukan identifikasi potensi bahaya misalnya, dan meminta mereka memberikan saran pengendalian resiko. Tentu dengan terlebih dahulu mereka dibekali dengan pemahaman tentang identifikasi bahaya dan analisa resiko (HIRADC).

Penilaian dapat dilakukan dengan melihat seberapa detail karyawan menguraiakan potensi bahaya dari setiap aktivitas mereka, dan seberapa tepat saran pengendalian yang mereka berikan. Sebaikanya saran pengendalian resiko yang mereka berikan sesuai dengan hirarki kontrol resiko. Yakni, eliminasi, subtitusi, rekayasa, administraasi dan yang terakhir APD (alat pelindung diri).

4. Poster Promosi Kesehatan dan Keselamatan

Mengadakan lomba desain poster yang bertema kesehatan dan keselamatan dapat menarik minat dan perhatian karyawan, tidak hanya bagi peserta, namun juga bagi karyawan yang lainnya. Dengan momen bulan K3 Nasional, kita bisa memantik kreatifitas karyawan sekaligus untuk menilai sejauh mana keberhasilan profesional HSE dalam melakukan transfer knowledge terhadap karyawan.

Meskipun sekarang ini sangat banyak aplikasi komputer maupun di handphone yang memudahkan untuk membuat desain menarik, akan tetapi dalam lomba poster ini sebaiknya tetap menggunakan metode lama. Yakni menggambar dengan peralatan manual, pensil warna dan kertas buku gambar. Percayalah, jiwa seninya akan terlihat di sini. Ide-ide kreatif yang muncul dari karyawan bahkan terkadang di luar dari dugaan.

5. Penyegaran Program K3

Kegiatan praktek fire fighting

Program-program K3 seperti tanggap darurat, praktek memadamkan api dengan fire extinguisher atau karung goni, praktek pertolongan pertama pada kecelakaan (first aid) juga dapat dimasukkan dalam rangkaian kegiatan bulan K3 Nasional.

Meskipun program tersebut adalah kegiatan yang telah terjadwal, namun tidak semua perusahaan dapat melakukannya secara konsisten. Bulan K3 Nasional ini adalah waktu yang tepat untuk melaksanakannya. Namun jika hal tersebut adalah merupakan kegiatan yang rutin, dan karyawan sudah sangat familiar, maka dapat diadakan perlombaan. Tentunya semakin seru.

6. Lomba Memakai APD

Kegiatan lomba memasang APD

Memakai APD adalah hal yang biasa, dan rutin dilakukan oleh karyawan yang bekerja pada area tertentu, yang memang mandatory APD. Namun belum tentu mereka memahami dengan benar cara penggunaan APD. Melalui lomba ini diharapkan dapat lebih meningkatkan pemahaman karyawan.

Ide sederhananya dapat dilakukan dengan meletakkan berbagai jenis APD secara acak, jika memungkinkan dipisahkan dari bagian-bagiannya. Misalnya, untuk safety helmet dipisahkan dari kelengkapannya. Peserta nantinya diminta menggunakan APD sesuai dengan kebutuhan pada aktivitas yang ditentukan. Siapa yang tercepat dan tepat menggunakan APD akan menjadi pemenangnya.

7. Lomba Senam

Kegiatan senam pagi di perusahaan

Di tempat kerja biasanya kita memiliki senam rutin. Biasanya dilakukan seminggu sekali. Karyawan mungkin sudah hapal dengan gerakan-gerakan senam tersebut. Ini bisa menjadi bahan lomba untuk meramaikan pelaksanaan bulan K3 Nasional.

Senam yang dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja RI misalnya, jika karyawan terlatih melakukannya, bisa dijadikan perlombaan. Tapi dengan memadukannya dengan gerakan lain. Cara sederhananya, peserta dibentuk secara tim, lalu mereka diharuskan menutup mata. Saat pertengahan melakukan gerakan senam mengikuti irama musik, agar menjadi seru, panitia bisa menyelipkan musik lain yang akan mengganggu konsetrasi para peserta. Peserta yang bisa melakukan gerakan secara tepat akan menjadi pemenangnya.

Kesimpulan

Sebenarnya ada lebih banyak ide-ide mengenai pelaksanaan bulan K3 Nasional. Tinggal bagaimana rekan-rekan profesional HSE meramunya agar menjadi momen yang menarik dan berkesan. Dengan melibatkan semua pihak di dalam perusahaan, maka kegiatan ini akan berhasil.

Walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa anggaran atau biaya adalah faktor yang sangat penting, namun keberhasilan kegiatan Bulan K3 Nasional bukan semata-mata hanya karena hal tersebut. Kerjasama dan partisipasi tim adalah kunci utamanya. Kita dapat melakukan kegiatan dengan anggaran menyesuaikan kemampuan perusahaan. Jangan memaksakan diri.

Hal yang perlu diperhatikan adalah tujuan dan sasaran dari kegiatan Bulan K3 Nasional ini. Seperti apa pun bentuk kegiatannya, sepanjang tidak keluar dari tujuan dan sasaran tersebut, tentunya sah-sah saja. Dan tidak kalah pentingnya, pelaksanaan Bualn K3 Nasional agar tidak me

Leave a Comment